Minggu, 10 Mei 2015

Power Point Materi Teks Observasi. Kelas X Semester 2


Salam Pintar.
Di masa sekolah, tingkat SMP maupun SMA pasti kita pernah membuat sebuah Teks Observasi. Tapi taukah apa itu Teks Observasi? Kali ini Kak Pisang bakal memberikan materi tentang Teks Observasi. Cekidot.

Teks Laporan atau Teks Observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum / melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan (report) ini juga disebut teks klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.

Struktur :
Definisi umum (klasifikasi) : Berisikan tentang penjelasan umum atau klarifikasi umum/definisi umum.
Aspek yang dilaporkan : Berisi deskripsi bagian dan deskripsi manfaat.

Ciri Umum :
1.     Mengandung fakta
2.     Bersifat objektif
3.     Isinya menarik dan mendidik

Ciri Kebahasaan :
1.     Bahasanya ilmiah
2.     Menggunakan antonym
3.     Penggunaan kalimat simpleks dan kompleks


Kak pintar juga sudah membuat powerpoint mengenai Teks Observasi untuk mempermudah dalam proses belajar mengajar. Dan bisa langsung di download di bawah ini dengan cara


  1. Klik tulisan download dibawah.
  2. Cari tulisan free download.
  3. Cari kembali tulisan Free Download.
  4. Tunggu beberapa detik.
  5. Power point siap untuk di download.
Namus seperti biasa. Contoh teks observasi tidak Kak Pisang masukan ke dalam powerpoint ya. agar memudahkan reader untuk membaca. 


Dan ini contoh Teks Observasi dari kita. 

Kucing

Kucing  adalah jenis hewan mamalia dari keluarga felidae. Hewan ini juga termasuk kedalam golongan karnivora yakni hewan pemakan daging.

Kucing dapat dikelompokan menjadi dua, yakni kucing besar dan kucing rumahan. Kucing besar diantaranya harimau, singa, cheetah, dan lain sebagainya. Sementara kucing rumahan adalah jenis yang sangat populer sebagi hewan peliharaan.

Kucing rumahan dapat mencapai tinggi  45 cm, panjang 60 cm, dan berat 16 kg. Selain itu kucing memiliki taring yang runcing serta cakar yang dapat ditarik dan dikelurkan sesuai kebutuhan. Penglihatan hewan ini juga sangat baik.

Kucing jenis ini juga termasuk hewan penyendiri dimana masing-masing kucing memiliki daerah sendiri. Bila ada kucing asing yang masuk biasanya akan terjadi perkelahian singkat. Kucing yang sedang berkelahi akan menegakan rambut tubuhnhya dan melengkungkan tubuhnya agar tampak lebih besar. Serangan biasanya berupa tamparan, cakaran, dan gigitan. Jantan yang aktif umunya akan sering terlibat perkelahian.

Pada umumnya kucing peliharaan tidak berbahaya bagi manusia karena tubuhnya yang kecil. Namun tidak menutup kemungkinan hewan ini dapat menularkan penyakit. Penyakit yang mungkin ditularkan diantaranya rabies akibat dan gigitannya dan gangguan pernafasan oleh bulunya.


Berikut adalah contohnya
Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Christmas Dancing Banana